The Harvest of the Seasons

March 23, 2011 § Leave a comment

“Awal manusia migrasi, pertanian dan permukiman pertama, perang.”

 

The Harvest of Seasons, bagian kedua dari Yakub Bronowski —The Ascent of Man (1973)—meliputi munculnya peradaban dari pertanian.

Selama dua juta tahun manusia berkeliaran di muka bumi. Dengan alat kebakaran dan batu ia memiliki kontrol atas dunia fisik. Dengan revolusi pertanian dia belajar untuk mengontrol dunia biologi: cara menanam biji-bijian, seperti gandum dan jagung, dan untuk menjaga hewan, seperti kambing dan domba. Dengan itu datang sebuah revolusi sosial: desa, kota dan kota-kota bermunculan.

Peradaban tidak akan pernah bisa tumbuh di pindahkan. Sebuah contoh yang baik adalah Bakhtiari di Persia. Setiap tahun mereka harus menyeberang pegunungan enam dengan domba dan kambing untuk sampai ke padang rumput musim panas dan kemudian datang semua jalan kembali untuk mendapatkan ke yang musim gugur.Bagian terburuk adalah bukan gunung tapi Bazuft, sebuah sungai liar dan mematikan mereka harus silang. Mereka yang terlalu tua untuk menyeberang mati kelaparan di tepi sungai.

Karena Bakhtiari selalu bergerak mereka memiliki sedikit: mereka harus mampu berkemas dan membawa semua yang mereka sendiri setiap hari. Jadi segala sesuatu yang mereka miliki adalah sederhana dan ringan. Kehidupan mereka begitu keras ada sedikit waktu untuk penemuan, bahkan untuk lagu baru. Setiap orang menjadi seperti ayahnya, setiap hari adalah seperti hari sebelumnya.

Dengan penanaman manusia bisa tumbuh makanan lebih dari yang dibutuhkan. Dia bisa tinggal di satu tempat dan membangun sebuah rumah dan punya rumah.pengembaraan-Nya sudah berakhir. Dia bisa sendiri hal-hal cara yang lebih. Dia punya waktu untuk lagu-lagu baru, untuk menciptakan hal-hal baru. Bahkan desa sederhana memiliki semua jenis penemuan kecil yang kita bahkan tidak berpikir tentang: jarum, pot, paku, sekrup, string, knot, kait, tombol, sepatu, dll

Salah satu kota tertua di dunia adalah Yerikho dari Alkitab. Dengan SM 6ooo itu 3.000 orang. Yosua tidak akan tiba selama 4.600 tahun. Hal ini dimungkinkan oleh dua hal: gandum dan air.

Gandum yang kita tahu, gandum kita membuat roti dari, tidak tumbuh di mana saja di dunia 80oo SM. Ini muncul dengan dongeng sejati genetika: pertama gandum Emmer datang dari persimpangan dua rumput liar. Yang melintasi lagi dengan rumput liar lain dan kemudian bermutasi untuk memberikan kita roti gandum. Seperti jagung, maka kebutuhan manusia untuk menanam dan perawatan untuk itu.

Beberapa tanggal:

8ooo SM: Emmer gandum, domba, kambing
SM 7000:
6000 BC: kota: Yerikho telah 3000 orang
5000 SM: pot
SM 4000:
3000 SM: roda, kuda
2000 SM: laki-laki menunggang kuda
1000 SM: waktu Raja Daud

Kuda itu lebih cepat dan lebih kuat daripada manusia hewan lain tahu bagaimana mengontrol. Para penunggang kuda terbaik adalah gembala, seperti Scythians dan Mongol. Mereka tidak menghargai peradaban. Dari waktu ke waktu mereka akan datang dari padang rumput di tengah Eurasia, menghancurkan semua di depan mereka. Mereka adalah angin puyuh kosong: mereka punya apa-apa mereka sendiri untuk memberi. Masa depan manusia tidak berbaring dengan mereka.

Sejarah manusia dibagi sangat  tidak merata. Pertama ada evolusi biologis: semua langkah yang memisahkan kita dari nenek moyang kita kera. Mereka menduduki beberapa juta tahun. Dan kemudian ada sejarah kebudayaan nya: membengkak panjang peradaban yang memisahkan kita dari beberapa suku berburu hidup di Afrika, atau dari pengumpul makanan Australia. Dan semua yang kedua, kesenjangan budaya pada kenyataannya ramai ke beberapa ribu tahun. Butuh waktu setidaknya tiga juta tahun bagi manusia untuk mengubah dari kecil makhluk gelap dengan batu di tangannya, Australopithecus, dengan bentuk modern, Homo sapiens. Itulah langkah biologis evolusi – meskipun evolusi biologis manusia telah lebih cepat dibandingkan dengan hewan lain. Tapi telah mengambil banyak kurang dari dua puluh ribu tahun untuk Homo sapiens untuk menjadi makhluk Anda dan saya bercita-cita menjadi: seniman dan ilmuwan, kota pembangun dan perencana untuk pembaca masa depan, dan wisatawan. Itu adalah kecepatan evolusi budaya: setelah lepas landas, ia pergi disedikit seratus kali lebih cepat dari evolusi biologis.

Setelah lepas landas: bahwa adalah fase penting. Mengapa perubahan budaya yang membuat manusia menguasai bumi mulai sehingga baru-baru ini? Dua puluh ribu tahun yang lalu manusia di seluruh belahan dunia bahwa ia telah mencapai adalah seorang penjelajah dan pemburu, yang sebagian besar teknik canggih adalah untuk melampirkan dirinya untuk kawanan bergerak sebagai Lapps masih melakukannya. Dengan sepuluh ribu tahun yang lalu yang telah berubah, dan ia telah mulai di beberapa tempat untuk urusan rumah tangga beberapa hewan dan untuk menumbuhkan beberapa tanaman, dan itu adalah perubahan dari yang peradaban tinggal landas.

10, 000 SM – itu adalah akhir zaman es terakhir. Dan manusia, yang telah datang melalui kesulitan yang luar biasa, telah berjalan naik dari Afrika, telah berjuang melalui Abad Es, tiba-tiba menemukan berbunga tanah dan hewan di sekitarnya, dan pindah ke jenis kehidupan yang berbeda. Hal ini biasanya disebut ‘revolusi pertanian’ – budidaya tanaman dan domestikasi hewan, dan realisasi penting bahwa manusia bisa mendominasi tanaman dan hewan dari lingkungannya. Dengan

ini ada sebuah revolusi sosial datang sama kuat. Karena sekarang menjadi mungkin – lebih dari itu, menjadi perlu- Bagi manusia untuk menyelesaikan. Peradaban bertumpu pada bahwa keputusan untuk menyelesaikan. Masih ada beberapa suku nomaden, seperti Bakhtiari di Iran, yang tidak pernah membuat keputusan untuk menyelesaikan. Untuk perjalanan dengan mereka adalah memahami peradaban yang tidak pernah bisa tumbuh di antara nomaden.

Segala sesuatu dalam hidup nomaden adalah purbakala. Para Bakhtiari selalu pergi sendirian, cukup terlihat. Seperti nomad lainnya, mereka menganggap diri mereka sebagai sebuah keluarga, anak-anak dari seorang ayah-pendiri tunggal, seperti anak-anak Israel. Sebelum 10.000 SM, pengembara masyarakat digunakan untuk mengikuti migrasi alami ternak liar. Tapi domba dan kambing tidak memiliki migrasi alami. Mereka pertama kali dijinakkan sekitar 10.000 tahun yang lalu – hanya anjing adalah pengikut kamp lebih tua dari itu. Dan ketika manusia peliharaan mereka, dia mengambil tanggung jawab alam; pengembara harus memimpin kawanan tak berdaya.

Peran perempuan dalam suku nomaden yang sempit didefinisikan. Di atas semua, fungsi perempuan adalah untuk menghasilkan orang-anak-anak; terlalu banyak dia-anak adalah kemalangan yang mengancam bencana. Selain itu, tugas mereka terletak pada menyiapkan makanan dan pakaian. Sebagai contoh, perempuan di antara roti panggang Bakhtiari – dengan cara yang alkitabiah, dalam roti yang tidak beragi di atas batu panas. Tapi anak perempuan dan perempuan menunggu untuk makan sampai para pria telah dimakan. Seperti laki-laki, kehidupan para wanita pusat pada kawanan domba. Mereka susu kawanan, dan mereka membuat yoghourt bergumpal dari susu dengan berputar ke dalam kantong kulit kambing pada bingkai kayu primitif. Mereka memiliki hanya pada teknologi sederhana yang dapat dilakukan di perjalanan setiap hari dari satu tempat ke tempat. kesederhanaan ini tidak romantis, melainkan sebuah masalah bertahan hidup. Semuanya harus cukup ringan untuk dilakukan, yang akan dibentuk setiap malam dan akan dikemas pergi lagi setiap pagi.

Ketika para wanita spin wol dengan sederhana, perangkat kuno, itu adalah untuk segera digunakan, untuk membuat perbaikan yang sangat penting dalam perjalanan – tidak lebih.

Hal ini tidak mungkin dalam hidup nomaden untuk membuat hal-hal yang tidak akan diperlukan untuk beberapa minggu. Mereka tidak bisa dilakukan. Dan kenyataannya, Bakhtiari tidak tahu bagaimana untuk membuat mereka. Jika mereka membutuhkan pot logam atau paku, mereka perdagangan mereka dengan menetap orang di luar suku. Kehidupan Bakhtiari terlalu sempit untuk memiliki waktu atau keahlian untuk spesialisasi. Tidak ada ruang untuk inovasi, karena tidak ada waktu, di perjalanan, antara pagi dan sore, datang dan pergi sepanjang hidup mereka, untuk mengembangkan perangkat baru atau pemikiran baru – bahkan bukan lagu baru. Kebiasaan-satunya yang bertahan adalah kebiasaan lama. Ambisi satunya anak adalah menjadi seperti ayah.

Ini adalah hidup tanpa fitur. Setiap malam adalah akhir dari hari seperti yang terakhir, dan setiap pagi akan menjadi awal dari perjalanan seperti hari sebelumnya. Ketika istirahat hari, ada satu pertanyaan di benak setiap orang: Dapatkah kawanan diperoleh selama berikutnya high pass? Untuk suku harus bergerak pada, penggembala harus menemukan padang rumput baru setiap hari, karena pada ketinggian penggembalaan ini adalah habis dalam satu hari. Setiap tahun Bakhtiari salib enam rentang gunung di luar perjalanan (dan cross mereka lagi untuk kembali). Mereka berbaris melalui salju dan air banjir musim semi. Tidak ada yang baru, dan tidak ada yang mengesankan. Pengembara tidak memiliki peringatan, bahkan untuk orang mati.

Langkah tunggal terbesar di pendakian manusia adalah perubahan dari nomaden pertanian desa. Apa yang membuat itu mungkin? Sebuah tindakan yang aneh dan rahasia alam. Dalam ledakan vegetasi baru pada akhir zaman es te, sebuah gandum hibrida muncul di Timur Tengah. Itu terjadi di banyak tempat: satu yang khas adalah oase kuno Yerikho.

Yerikho lebih tua dari pertanian. Yang pertama orang-orang yang datang ke sini dan diselesaikan oleh pegas di lain bijaksana sunyi tanah orang-orang yang dipanen gandum, tapi belum tahu cara menanamnya. Arkeolog nama budaya mereka “Natufian”. Mereka membuat alat untuk panen liar, dan yang merupakan bagian luar biasa foresight. Mereka membuat sabit dari batu api; kuno tepi sabit akan ditetapkan dalam sepotong tanduk rusa, atau tulang. Tidak ada lagi bertahan hidup, di atas bukit atau tel, jenis gandum liar bahwa penduduk awal dipanen. Tapi rumput yang masih di sini harus terlihat sangat seperti gandum yang mereka ditemukan, bahwa mereka berkumpul untuk pertama kalinya oleh segenggam, dan memotong dengan gerakan menggergaji dari sabit yang penuai telah digunakan untuk semua sepuluh ribu tahun sejak saat itu.

Titik balik terhadap penyebaran pertanian hampir pasti terjadinya dua bentuk gandum dengan yang besar, penuh kepala biji. Sebelum 8000 SM gandum bukanlah tanaman mewah seperti sekarang ini, melainkan hanya salah satu dari banyak rumput liar menyebar ke seluruh Timur Tengah. Dengan beberapa kecelakaan genetik, gandum liar disilangkan dengan kambing rumput alam dan membentuk subur hibrida. kecelakaan itu pasti terjadi berkali-kali dalam vegetasi bermunculan yang muncul setelah zaman Es yang terakhir. Dalam dari segi mesin genetik yang mengarahkan pertumbuhan, itu menggabungkan empat belas kromosom gandum liar dengan empat belas kromosom rumput kambing, dan diproduksi Emmer dengan 28 kromosom. Itulah yang membuat begitu banyak Emmer gemuk. hibrida ini mampu menyebar secara alami, karena biji melekat pada kulit sedemikian rupa sehingga mereka tersebarnya angin.

Untuk seperti hibrida yang akan subur jarang terjadi tetapi tidak unik di antara tanaman.Tapi sekarang cerita tentang kehidupan tanaman yang kaya mengikuti Abad Es menjadi lebih mengejutkan. Ada kecelakaan genetik kedua, yang mungkin terjadi karena Emmer sudah dibudidayakan. Emmer disilangkan dengan kambing lain rumput alam dan menghasilkan hibrida masih lebih besar dengan empat puluh duakromosom, yang roti gandum. Itu tidak mungkin cukup dalam dirinya sendiri, dan kita tahu sekarang bahwa tidak akan roti gandum telah subur tetapi untuk mutasi genetik tertentu pada satu kromosom.

Namun ada sesuatu yang lebih aneh. Sekarang kita memiliki telinga yang indah gandum, tapi satu yang tidak akan pernah tersebar di wid karena telinga terlalu ketat untuk putus. Dan jika saya istirahat itu, mengapa, maka sekam terbang dan jatuh tepat setiap butir di mana ia tumbuh. Mari saya mengingatkan Anda, yang sangat berbeda dari wheats liar atau dari hibrida, pertama primitif, Emmer. Dalam bentuk-bentuk primitif telinga jauh lebih terbuka, dan jika telinga istirahat maka Anda mendapatkan cukup effect berbeda – Anda mendapatkan biji-bijian yang akan terbang dalam angin. Para wheats roti telah kehilangan kemampuan. Tiba-tiba, manusia dan tanaman telah datang bersama-sama. Manusia sebuah gandum bahwa ia hidup oleh, tetapi gandum juga berpikir bahwa manusia dibuat untuk dirinya karena hanya sehingga dapat itu diperbanyak. Untuk wheats roti hanya dapat berkembang biak dengan bantuan; pria panen harus telinga dan menyebarkan bibit mereka, dan kehidupan masing-masing, manusia dan tanaman, tergantung pada yang lain. Ini adalah dongeng sejati genetika, seolah-olah kedatangan peradaban telah diberkati di muka.

Sebuah bersama bahagia peristiwa alam dan manusia diciptakan pertanian. Mungkin terjadi secara independen di beberapa tempat di Timur Tengah dan seluruh dunia. Yerikho telah awal sebelum pertanian, tetapi Yerikho adalah simbol dari awal revolusi pertanian. Tidak seperti desa lupa tempat lain, itu adalah monumental, berlapis-lapis sejarah, kota. Kota manis-air kuno Yerikho adalah sebuah oasis di tepi gurun pasir musim semi yang telah berjalan dari kanan ke kota modern saat ini prasejarah kali. Berikut gandum dan air datang bersama dan, dalam arti bahwa, di sini manusia mulai peradaban. Di sini, juga, perantau datang dengan gelap mereka, teredam wajah keluar dari padang pasir, memandang iri pada cara baru hidup. Itulah sebabnya Yosua membawa suku Israel di sini dalam perjalanan mereka ke Tanah Perjanjian – karena gandum dan air, mereka membuat peradaban: mereka membuat janji tanah yang mengalir dengan susu dan madu. Gandum dan air berbalik bahwa bukit tandus ke kota tertua di dunia.

Sekaligus pada waktu itu Yerikho berubah. Orang-orang datang dan segera menjadi iri tetangga mereka, sehingga mereka harus membentengi Yerikho, mengubahnya menjadi sebuah kota bertembok, dan membangun menara luar biasa, sembilan ribu tahun yang lalu. Menara ini tiga puluh kaki melintasi di dasar, dan hampir tiga puluh kaki secara mendalam. Dan mendaki di samping itu penggalian mengungkapkan berlapis-lapis peradaban masa lalu: pra-tembikar awal laki-laki, pra-tembikar berikutnya laki-laki, kedatangan gerabah tujuh ribu tahun yang lalu; awal tembaga, perunggu awal, tengah perunggu. Masing-masing peradaban datang, menaklukkan Yerikho, dikuburkan, dan dibangun sendiri atas; sehingga menara terletak tidak begitu banyak di bawah empat puluh lima meter dari tanah, seperti di bawah empat puluh lima meter dari peradaban masa lalu.

Yerikho adalah mikrokosmos dari sejarah. Di sini orang datang untuk memahami dan membentuk lingkungan hidup mereka, datang untuk mengubah dunia untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan 6000 SM Yerikho adalah sebuah pemukiman pertanian yang besar. Isinya tiga ribu orang, dan tercakup delapan hektar di dalam tembok. Para wanita tanah gandum dengan batu berat mengimplementasikan yang mencirikan diselesaikan masyarakat. Para pria berbentuk, menepuk dan dibentuk tanah liat untuk membangun-batu bata, beberapa yang paling awal yang dikenal. Tanda dari thumb bata-pembuat ‘-cetak yang masih ada. Manusia, seperti roti gandum, sekarang tetap di tempatnya.

Pertanian dan peternakan tampak pencarian sederhana, namun sabit Natufian merupakan sinyal untuk menunjukkan kepada kita bahwa mereka tidak diam. Setiap tahap dalam domestikasi tumbuhan dan hewan membutuhkan penemuan. Dasar perangkat yang gesit-jari pikiran berbohong tentang, unregarded, di desa mana pun di dunia. tumpah ruah mereka dari artifices kecil dan halus adalah sebagai cerdas, dan dalam arti sedalam penting dalam pendakian manusia, seperti halnya aparat fisika nuklir: jarum, penusuk itu, pot, anglo, sekop, kuku dan sekrup, bellow, tali, simpul, alat tenun, harness, hook, tombol, sepatu – satu bisa nama seratus dan tidak berhenti untuk napas. kekayaan itu berasal dari interaksi penemuan, budaya merupakan kelipatan dari ide-ide, di mana setiap mempercepat perangkat baru dan memperbesar kekuatan sisanya.

Penemuan paling kuat di bidang pertanian semua, tentu saja, bajak. Kami berpikir tentang bajak sebagai baji membagi tanah. Dan apit merupakan penemuan mekanis penting awal. Namun bajak juga sesuatu yang jauh lebih mendasar: itu adalah sebuah tuas yang mengangkat tanah, dan itu adalah salah satu aplikasi pertama dari prinsip tuas. Ketika, lama kemudian, Archimedes menjelaskan teori tuas ke Yunani, ia mengatakan bahwa dengan titik tumpu untuk tuas ia bisa bergerak bumi. Tapi ribuan tahun sebelum bahwa ploughmen Timur Tengah telah berkata, ‘Beri aku tuas dan saya akan makan bumi.

Pertanian ditemukan setidaknya sekali lagi, lama kemudian, di Amerika. Tetapi bajak dan roda tidak, karena mereka bergantung pada hewan draft. Langkah luar pertanian sederhana di Timur Tengah adalah domestikasi draft hewan. Kegagalan untuk membuat yang menggerakkan biologis terus Dunia Baru kembali pada tingkat tongkat menggali dan paket; hal itu bahkan tidak memukul roda tembikar.

Roda ditemukan untuk pertama kali sebelum 3000 SM dalam apa yang tidak Rusia selatan. Menemukan awal yang solid roda kayu dilampirkan ke rakit tua atau kereta luncur untuk menarik beban, yang dengan demikian diubah menjadi gerobak. Sejak itu roda dan gandar menjadi akar ganda dari mana penemuan tumbuh. Sebagai contoh, berubah menjadi alat untuk grinding gandum – dan menggunakan kekuatan alam untuk melakukannya: pasukan binatang yang pertama, dan kemudian kekuatan angin dan air. Roda menjadi model bagi semua gerakan rotasi, sebuah norma penjelasan dan simbol surgawi lebih dari tenaga manusia ilmu pengetahuan dan seni sama. Matahari adalah kereta beroda, dan langit itu sendiri adalah roda, dari waktu bahwa Babel dan Yunani dipetakan berpaling dari langit berbintang.

Tentang waktu itu Yosua menyerbu Yerikho, sekitar 1400 SM, para insinyur mekanis Sumeria dan Asyur berbalik roda ke katrol untuk menimba air. Pada saat yang sama mereka merancang sistem irigasi skala besar. Pemeliharaan vertikal shaft masih bertahan seperti tanda baca di lanskap Iran. Mereka turun tiga ratus meter ke qanats atau kanal bawah tanah yang membentuk sistem, pada tingkat mana air alami aman dari penguapan.

The qanats adalah konstruksi akhir dari sebuah peradaban kota, dan mereka menyiratkan adanya saat itu hukum untuk mengatur air hak dan penguasaan tanah dan hubungan sosial lainnya. Dalam masyarakat pertanian, aturan hukum memiliki karakter yang berbeda dari pengembara hukum yang mengatur pencurian seekor kambing atau domba. Sekarang struktur sosial terikat dengan peraturan hal yang mempengaruhi masyarakat secara keseluruhan: akses ke lahan, biaya pemeliharaan dan kontrol terhadap hak atas air, hak untuk menggunakan, berbalik dan berpaling, maka berharga konstruksi yang panen tergantung dari musim.

 

Mesin adalah alat untuk menekan kekuatan di alam. Namun sebagai mesin telah menunjuk sumber kekuasaan yang lebih besar, telah semakin banyak datang untuk mendahului menggunakan alamnya. Bagaimana bahwa mesin dalam bentuk modern sekarang tampaknya bagi kita ancaman? Pertanyaan seperti serangan kita bergantung pada skala kekuatan yang mesin dapat berkembang. Kita bisa memasukkannya dalam bentuk alternatif: Apakah daya dalam skala pekerjaan untuk yang mesin itu membuat tipu daya, atau sehingga tidak proporsional yang dapat mendominasi pengguna dan mendistorsi gunanya? Pertanyaan itu mencapai jauh ke belakang, itu dimulai ketika manusia pertama dimanfaatkan power lebih besar dari sendiri, kekuatan binatang. Setiap mesin jenis hewan draft – bahkan reaktor nuklir. Hal ini meningkatkan surplus yang telah memenangkan manusia dari alam sejak awal pertanian. Tetapi melakukannya dengan menambah efek dari manusia pilihan, dan di sana terletak bahaya kami: setiap daya untuk yang baik dapat digunakan sebagai kekuatan untuk kejahatan. Sejarah manusia bercerita tentang apa pilihan manusia telah dibuat dengan surplus dan mesin di pembuangan.

Dalam usahanya inspirasi dan terus untuk memahami sejarah perkembanganintelektual umat manusia, Yakub Bronowski menjelaskan transisi nenek moyang kitamelakukan sekitar sepuluh ribu tahun yang lalu ketika mereka meninggalkan gaya hidup nomaden mereka dan mengadopsi bukan pilihan untuk bekerja bumi, mengolah tanah dan menjinakkan binatang.

Yang menarik, dan agak bijak, Bronowski menggunakan Alkitab, bukan sebagai teks agama, tetapi sebagaiekspresi historis populasi yang harus memahami revolusi ini,dan sebagai  ilustrasi yang dapat digunakan untuk membantu kita memahami ketegangan dan kesulitan bahwa transisi ini mensyaratkan bagi mereka di kedua  sisi dari perkembangan ini.

Kita mungkin mengambilnya untuk hari ini diberikan, dan mungkin bahkan sebagai primitif, tetapi pengembangan pertanian telah berdampak hampir tak terbayangkan pada dunia seperti yang kita tahu sepuluh ribuan tahun setelah didirikan. Jika anda memperhatikan, bagaimanapun, Anda akan segera belajar untuk melihat di mana-mana di sekitar Anda.

Referensi:

Buku “The Ascent of Man: Lower Than the Angels” by J.Bronowski

http://en.wikipedia.org/wiki/The_Ascent_of_Man

http://web.dsbn.edu.on.ca/~rudy.klassen/FOV1-000D672D/FOV1-000D6C54/FOV1-000DB410/harvest.pdf

http://berto-meister.blogspot.com/2009/03/ascent-of-man-harvest-of-seasons.html

http://abagond.wordpress.com/2009/11/21/jacob-bronowski-the-harvest-of-seasons/

http://www.youtube.com/watch?v=eZjSiHtaNdM&feature=related

Advertisements

Tagged: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading The Harvest of the Seasons at do it yourself ღ.

meta

%d bloggers like this: